Konversi Satuan Massa

Posted on

SVTA – Satuan massa atau berat biasa digunakan untuk membandingkan berat relatif sebuah benda terhadap satuan standar. Satuan berat merupakan satuan besaran yang populer dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mudah dalam memahami konversi satuan massa maka bisa menggunakan tangga konversi.

Contoh produk yang biasa dijumpai dalam satuan massa adalah semen, pupuk, beras, terigu, gula pasir, dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini, kami akan mengulas mengenai ukuran standar satuan massa.

Konversi Satuan Massa Beserta Contoh Soalnya

Tangga konversi

Tangga Konversi Satuan Massa

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenai tangga konversi sebelum beranjak kepada konversi ukuran standar. Tangga konversi massa merupakan grafik yang menunjukkan urutan satuan massa secara bertingkat.

Tangga konversi ini dapat mempermudah pemahaman Anda terkait hubungan antara satuan-satuan berat yang berbeda dan bagaimana cara mengubah (mengkonversi) satuan berat dari satu satuan kepada satuan massa/berat lainnya.

Konversi satuan merupakan cara untuk merubah dari sebuah satuan ke satuan yang lain. Besaran massa dapat dinyatakan dalam satuan-satuan yang berbeda ada yang berupa gram ada yang kilogram. Sebagai contoh, sebutir mangga yang beratnya 400 gram dinyatakan dalam satuan kilogram yaitu 0,4 kg. Dengan mengubah satuan gram ke kilogram disebut konversi satuan.

Ada beberapa alasan mengapa konversi satuan jenis ini perlu untuk dipahami, yakni:

  • Untuk menyederhanakan angka, seperti 0,05 kg disederhanakan menjadi 50 gram
  • Selain untuk menyederhanakan angka, konversi satuan dilakukan untuk menyamakan dengan satuan yang lainnya. Seperti mengikuti standar penggunaan misalnya harga emas yang dinyatakan dalam rupiah per gram.
  • Konversi satuan juga bisa digunakan untuk mempermudah pemahaman orang lain. Sebagai contoh, angka jarak 1,5 gram lebih mudah dibayangkan daripada 1.500 milligram dan lain sebagainya.
Artikel Lainnya :   Konversi Satuan Panjang Inci ke Cm

Konversi satuan massa yang terkenal adalah konversi ton ke kg. Lebih jelasnya baca : Konversi Satuan Massa Ton Ke Kg

Baca juga : Konversi Ukuran Standar Satuan Panjang

Manfaat tangga konversi satuan

Ada beberapa manfaat dengan menggunakan tangga yang satu ini dalam ilmu konversi, diantaranya yakni :

  • Menunjukkan nama – nama satuan berat atau massa dalam SI .
  • Menunjukkan urutan satuan berat atau massa.
  • Menunjukkan faktor konversi atau faktor yang merubah satuan berat atau massa.
  • Menjadi rujukan dalam konversi satuan berat atau satuan massa.

Simbol-Simbol Satuan Berat Massa

Konversi Satuan Massa Ton ke Kg (3)

Penulisan satuan berat atau massa biasanya disingkat dengan menggunakan simbol satuan. Simbol yang digunakan dalam satuan ini merupakan singkatan huruf pada satuan berat atau massa. Simbol – simbol tersebut diantaranya adalah :

  • kg = kilogram
  • hg = hektogram
  • dag = dekagram
  • g = gram
  • dg = decigram
  • cg = centigram
  • mg = milligram

Cara mengonversi satuan massa dengan tangga satuan berat atau massa

Untuk melakukan konversi satuan dapat menggunakan tangga satuan massa atau berat dengan beberapa cara sebagai berikut :

  • Satuan berat atau massa yang paling besar berada di posisi paling atas. Sedangkan satuan berat atau massa paling kecil berada di posisi paling bawah
  • Untuk melakukan konversi ke satuan massa ke yang lebih besar atau lebih tinggi, maka dalam satu tingkat dibagi 10. Sedangkan untuk melakukan konversi yang lebih kecil atau lebih rendah, maka dalam satu tingkat dikali 10.
  • Konversi ke satuan yang lebih besar atau lebih tinggi dua tingkat, dibagi 10 dalam kelipatan dua atau dibagi 100. berbeda halnya dengan konversi satuan ke yang lebih besar, konversi ke satuan yang lebih kecil atau lebih rendah juga dikali 10 dalam kelipatan dua atau dikali 100, begitupun seterusnya.
Artikel Lainnya :   Konversi Satuan Massa Kuintal ke Kilogram

Contoh penggunaan tangga satuan berat atau massa

Contoh Konversi Satuan Massa

Contoh 1 :

Soal : Andi memiliki beras dengan berat 15 kilogram (kg). Jika dikonversikan menjadi hectogram (hg) berapakah berat beras Andi?

Jawab : 15 kg x 10 hg = 150 hg
Jadi, berat beras yang diimiliki oleh Andi adalah sebesar 150 hg.

Contoh 2 :

Soal : satu kapsul tablet mengandung 0,5 gram (g) vitamin A. Jika dikonversikan menjadi miligram (mg), berapakah massa atau berat vitamin A dalam tablet tersebut?

Jawab : 0,5 g x 1 000 mg = 500 mg
Jadi, kandungan vitamin A yang terdapat dalam kapsul tersebut memiliki massa 500 mg.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai konversi satuan massa atau berat. Semoga dapat membantu Anda dalam menghitung atau mengkonversi barang yang akan Anda jual atau Anda konsumsi.