Konversi Satuan Luas Hektar ke Are

Posted on

SVTA – Hektar dan are merupakan satuan luas yang biasanya digunakan untuk mengukur luas tanah atau wilayah suatu tempat. Dalam melakukan konversi satuan luas hektar biasanya dilakukan sesuai dengan standar internasional.

Hektar atau yang biasa disingkat menjadi ha merupakan satuan unit luas yang menjadi bagian dari satuan dalam sistem metrik internasional. Sedangkan “a” atau Are merupakan satuan unit luas yang biasa digunakan untuk pengukuran luas tanah atau wilayah. Untuk melakukan konversi dari hektar ke are cukup mudah. Simak ulasan berikut ini!

Konversi Satuan Luas Hektar ke Are

Konversi Satuan Panjang, Yard ke M

Hektar atau ha merupakan satuan luas sistem matrik yang menjadi bagian dari satuan internasional. 1 hektare memiliki ukuran luas yang sama dengan 100 are. 1 hektar juga memiliki arti 100 x 100 meter (m), perhitungan ini telah digunakan sebagai satuan standar luas tanah yang menjadi pengganti satuan unit acre dan nilai 1 hektare adalah sama dengan 2,47 acre.

Sedangkan are merupakan satuan yang diluar dari satuan internasional yang sudah modern, dalam artian satuan are ini merupakan satuan sistem metrik yang lama . Satuan luas are biasa digunakan pada beberapa negara seperti Indonesia, India, Perancis, Portugis, Polandia, Belanda, dan Jerman. 1 are memiliki nilai yang sama dengan 100 meter persegi (m2) atau 10 m x 10 m.

Selain satuan hektar dan are, dalam dunia konversi kita juga mengenal konversi satuan luas lainnya. Seperti hektar ke meter misalnya. Penjelasannya baca : Konversi Satuan Luas, Hektar – Meter

Dalam melakukan konversi satuan luas hektar ke are dapat menggunakan tangga satuan luas. Runtutan tangga satuan luas yakni kiloare (ka), hektoare/hektar (ha), dekaare (daa), are (a), desiare (da), centriare (ca), miliare (ma).

Artikel Lainnya :   Konversi Satuan Luas, Hektar – Meter

Mengonversi dengan menggunakan satuan luas, setiap turun satu tangga maka harus dikalikan 10 dan ketika turun dua tangga maka harus dikalikan 100 dan seterusnya. Namun sebaliknya apa bila naik tangga, setiap naik tangga maka harus dibagi 10, jika naik dua tangga maka menjadi dibagi 100 dan begitu seterusnya.

konversi satuan luas hektar

Contoh soal 1

Sawah pak Andi memiliki luas lahan sekitar 5.75 hektar. Jika dikonversikan ke satuan luas are, berapakah luas sawah milik pak Andi?

Jawab :

Perlu diingat bawa 1 hektar memiliki luas yang sama dengan 100 are atau 1 hektar = 1 are. Mengonversikan dari hektar ke are harus dikali 10 dua kali atau 100. Untuk lebih mudah dalam mengonversikan, Anda dapat secara langsung mengalikannya sebagaimana berikut,

5,75 hektar = 5,75 x 100 are = 575 are.

Jadi, sawah pak Andi memiliki luas 575 are.

Contoh soal 2

Sekolah SMP Mulia memiliki luas halaman 190 are, apabila dikonversikan menjadi satuan luas hektar berapakah luas halaman sekolah SMP Mulia?

Jawab :

Perlu diketahui bahwa untuk mengonversikan dari are ke hektar jika menggunakan tangga konversi satuan luas sebagaimana diatas maka harus dibagi 10 setiap naik satu tangga. Sehingga dari are ke hektar harus dibagi 100 karena melewati dua tangga. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut,

100 are = 1 hektar
190 are = 190 : 100 = 1,9 hektar

Sehingga luas halaman yang dimiliki oleh sekolah SMP Mulia adalah 1,9 hektar.

Contoh soal 3

Rumah Sinta berada di perumahan yang terletak di Jakarta Pusat. Rumah Sinta memiliki kolam renang dengan luas 50 are, halaman seluas 345 are dan kebun seluas 672 hektar. Berapakah total luas kolam renang, halaman dan kebun yang ada di rumah Sinta apabila di konversikan menjadi hektar?

Artikel Lainnya :   Konversi Ukuran Standar Satuan Luas Lengkap Cara Menghitung Satuan Luas

Jawab :

Sebagaimana perhitungan pada contoh soal ke – 2, untuk mengonversikan dengan menggunakan tangga satuan luas dari are ke hektar harus dibagi 100 karena melewati dua tangga. Sehingga,

100 are = 1 hektar
50 are = 50 : 100 = 0,5 hektar.

Jadi, kolam renang di rumah Sinta memiliki luas 0,5 hektar

Sedangkan halaman rumah Sinta memiliki luas 345 are, apabila dikonversikan menjadi hektar sebagai berikut :

345 are = 345 : 100 = 3,45 hektar.

Jadi, halaman rumah Sinta memiliki luas 3,45 hektar.

Untuk menghitung total luas halaman, kolam renang dan kebun maka harus dijumlahkan sebagaimana berikut :

0,5 hektar + 3,45 hektar + 672 hektar = 675,95 hektar.

Jadi total dari luas halam, kolam renang dan kebun adalah 675,95 hektar.

Demikian ulasan mengenai konversi satuan luas hektar ke are yang mudah untuk Anda pahami lengkap dengan contoh soalnya. Selamat belajar!