Bidang Usaha
Fasilitas
Plantsite
Jaringan
Wilayah Kerja
Kinerja
Rencana Kerja
berita pers

:: FASILITAS
 
Bahan Baku

Areal hutan PT. Kertas Kraft Aceh (Persero) terdapat di Kabupaten Aceh Tengah merupakan lahan penyedia bahan baku pinus merkusii yang sangat potensial. Lokasi hutan dengan luas lebih kurang 70.000 ha. terbagi menjadi 2 blok.

Blok I terdiri dari:
Burni Telong, Baleg Rajawali, Lampahan, Bidin, Blangkuyu, dengan luas areal lebih kurang 18.000 ha. dan berjarak 90 km dari pihak pabrik.

Blok II terdiri dari:
Panarun, Gelampang, Uwaq, Isaq, Panton Nangka, Jamat. Dengan luas areal lebih kurang 52.000 ha. dan berjarak 160 km dari pabrik.

Transportasi bahan baku kayu dari lokasi penebangan dan penimbunan ke pabrik dilaksanakan dengan truk melalui jalan khusus yang dibuat oleh perusahaan.

Kegiatan pengolahan hutan, dilaksanakan dengan memanfaatkantenaga-tenaga yang telah mempunyai keahlian dan pengalaman dalam bidang kehutanan.

Mesin Pemroses
Mesin-mesin yang digunakan oleh PT. Kertas Kraft Aceh (Persero) dalam memproduksi kertas kantong semen dan sejenisnya menggunakan mesin-mesin yang modern dengan teknologi terbaru. Mesin kertas yang digunakan dalam pembuatan kertas adalah mesin-mesin dengan sistem produksi satu lini, dengan kapasitas Jumbo Roll 280 dan maksimum dipotong menjadi 7 ukuran Shipping Roll.






Kebutuhan Air
Kebutuhan air untuk kegiatan pabrik dan sarana penunjang lainnya cukup besar, kurang lebih 430 liter perdetik. Sumber air berasal dari danau laut tawar yang mengalir melalui Krueng Peusangan (Sungai Peusangan). Di pinggir Krueng Peusangan dibangun tempat pengambilan dan penampungan air serta pengendapan lumpur (Water Intake), untuk selanjutnya diproses di unit pengolahan air (Water Treatment). Air yang sudah diolah kemudian dialirkan melalui pipa ke pabrik.



Sarana Penanggulangan Limbah
Sejak awal perusahaan sudah mengantisipasi penanganan masalah pencemaran terhadap lingkungan pabrik dengan mempersiapkan sarana penanggulangan limbah yang meliputi:
1. Sarana penanggulangan limbah gas dan debu
- Blow gas treatment di unit pulping
- Electro Static Dust Precipitator pada Recovery Boiler
- Wet Scrubber di Recausticizing Unit
2. Sarana penanggulangan limbah padat
- Bark Boiler untuk pembakaran kulit kayu
- Lime Kiln untuk pengolahan lumpur kapur
- Penyediaan area penimbunan tanah (land fill)
3. Saran penanggulangan limbah cair
- Unit pengolahan limbah untuk penurunan COD, BOD dan SS limbah cair dari proses produksi sebelum dialirkan ke laut